# Manajemen Bandwidth


Manajemen Bandwidth

# PENGERTIAN BANDWIDTH

Bandwidth adalah kuran dari banyaknya informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam waktu tertentu. 

Sebenarnya representasi fisik Bandwidth itu yang mana sih? Kalo analoginya instalasi  pipa air di rumah, maka besar/kecil Bandwidth sama dengan besar/kecil Diameter PIPA Air yang dipasang. itu aja!

Kalo kita ingin Bandwidth nya Besar, ya pasang aja “Pipa” nya yang besar. Nah kalo di koneksi Internet, kalo pengin Koneksi Internet CEPAT maka ya Pasang aja FIBER OPTIC (mampu mengalirkan 100 Mbps hingga 100 Gbps sejauh 10 km untuk kabel singlemode, dan 100 Mbps hingga 9,92 Gbps sejauh 2 km untuk kabel multimode). Kalo pengin lebih murah namun lebih lambat ya pake UTP untuk kecepatan 10 Mbps hingga 1 Gbps sejauh 100 m.


# PENGERTIAN THROUGHPUT


Throughput adalah bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu.


# JENIS-JENIS BANDWIDTH

1. Bandwidth Analog

Perbedaan antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) atau siklus per detik

2. Bandwidth Digital

Jumlah atau volume data yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi dalam satuan bits per second tanpa distorsi


# FUNGSI BANDWIDTH

  1. Bandwidth sebagai jalur pengiriman data memungkinkan data antara perangkat satu dengan lainnya pada suatu jaringan untuk saling berpindah atau ditransfer.
  2. Bandwidth digunakan sebagai pembatas kecepatan transfer atau pengiriman data, berarti kecepatan maksimal data dibatasi.
  3. Bandwidth digunakan sebagai pembatas kecepatan transfer atau pengiriman data, berarti kecepatan maksimal data dibatasi.

# CARA MEMBAGI BANDWIDTH


Manajemen Bandwidth adalag metode untuk mengatur besarnya bandwidth di sebuah jaringan sehingga penggunaan bandwidth bisa terdistribusi secara merata.

Adapun cara membagi bandwidth sebagai berikut:


# PERMASALAHAN

  1. Proses pengiriman data lambat, rusak dan tidak sampai ke tujuan. 
  2. Berapapun bandwidth yang dimiliki dapat habis hanya digunakan oleh beberapa perangkat saja.
  3. Adanya dominasi bandwidth oleh aktifitas dari salah satu atau beberapa pengguna.
  4. Apabila pemberian bandwidth lebih rendah dari kebutuhan sebenarnya maka pengaksesan jaringan internet menjadi lambat. 


# QUALITY OF SERVICE (QOS)

Quality of Service (QoS)  Mekanisme jaringan yang memungkinkan aplikasi-aplikasi atau layanan dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan. Adapun parameter dari QOS adalah:



# TEKNIK MANAJEMEN BANDWIDTH

  1. Simple Queue
  2. Queue Tree
  3. Share/Up To
  4. Traffic Priority
  5. Delay Pools
  6. HTP
  7. CQB