# Instalasi Mikrotik


Instalasi Mikrotik

Untuk intalasi mikrotik dibagai manjadi 3, yaitu:

# Netinstall: Full network-based installation from PXE or EtherBoot enabled network card

  • Netinstall adalah alat untuk menginstal dan menginstal ulang perangkat MikroTik yang menjalankan RouterOS. Selalu coba gunakan Netinstall jika Anda mencurigai perangkat Anda tidak berfungsi dengan benar. Alat ini tersedia untuk Windows (dengan antarmuka grafis) dan untuk Linux (sebagai alat baris perintah).
  • Singkatnya, prosedur Netinstall berjalan seperti ini: Hubungkan PC Anda langsung ke port boot (Biasanya Ether1, port berlabel BOOT atau seperti yang ditunjukkan dalam manual produk) perangkat yang akan Anda instal ulang. Nyalakan perangkat sambil menahan tombol reset hingga muncul di alat Netinstall.
  • Hati-hati. Netinstall memformat ulang drive sistem, semua konfigurasi dan file yang disimpan akan hilang. Netinstall tidak menghapus kunci lisensi RouterOS, juga tidak mengatur ulang pengaturan terkait RouterBOOT, misalnya frekuensi CPU tidak berubah setelah menginstal ulang perangkat.
  • Untuk langkah-langkah instalasi bisa dilihat pada link ini.


# CHR: RouterOS version intended for running as a virtual machine

Cloud Hosted Router (CHR) adalah versi RouterOS yang dimaksudkan untuk dijalankan sebagai mesin virtual. Ini mendukung arsitektur x86 64-bit dan dapat digunakan di sebagian besar hypervisor populer seperti VMWare, Hyper-V, VirtualBox, KVM, dan lainnya. CHR memiliki fitur lengkap RouterOS yang diaktifkan secara default tetapi memiliki model lisensi yang berbeda dari versi RouterOS lainnya.

Adapun pengertian lanjut bisa dilihat di link ini.

# CD-based installation

Seperti CHR, CD-based installation adalah mikrotikOS berformat ISO yang dijalankan secara USB Bootable misalkan dibuat menggunakan software rufus.