# Cara Upgrade Mikrotik


Cara Upgrade Mikrotik

Perangkat MikroTik sudah diinstal sebelumnya dengan RouterOS, jadi instalasi biasanya tidak diperlukan, kecuali jika menginstal RouterOS pada PC x86 atau virtual instance CHR. Prosedur pemutakhiran pada perangkat yang sudah terpasang sangatlah mudah.

Penomoran Versi Mikrotik

Versi RouterOS diberi nomor secara berurutan ketika suatu titik digunakan untuk memisahkan urutan, tidak mewakili titik desimal, dan urutan tidak memiliki signifikansi posisi. Pengidentifikasi 2.5, misalnya, bukanlah "dua setengah" atau "setengah jalan menuju versi tiga", ini adalah revisi tingkat kedua yang kelima dari revisi tingkat pertama yang kedua. Oleh karena itu v5.2 lebih lama dari v5.18, yang mana lebih baru.

Versi RouterOS dirilis dalam beberapa "rantai rilis": Jangka Panjang, Stabil, Pengujian, dan Pengembangan. Saat memutakhirkan RouterOS, Anda dapat memilih rantai rilis untuk menginstal paket baru.

  • Stable / Jangka panjang: Jarang dirilis, dan hanya mencakup perbaikan paling kritis, peningkatan dalam satu cabang nomor tidak berisi fitur baru. Ketika rilis Stabil telah keluar selama beberapa waktu dan tampaknya cukup stabil, rilis tersebut akan dipromosikan ke cabang jangka panjang, menggantikan rilis lama, yang kemudian dipindahkan ke arsip. Ini secara berturut-turut menambahkan fitur-fitur baru.
  • Stable / Stabil: Dirilis setiap beberapa bulan, termasuk semua fitur dan perbaikan baru yang diuji.
  • Testing / Pengujian: Dirilis setiap beberapa minggu, hanya menjalani pengujian internal dasar, dan tidak boleh digunakan dalam produksi.
  • Development / Pengembangan: Dirilis bila diperlukan. Mencakup perubahan mentah dan tersedia bagi penggemar perangkat lunak untuk menguji fitur baru.


Standar Upgrade

Fitur peningkatan paket terhubung ke server unduhan MikroTik dan memeriksa apakah ada versi RouterOS lain untuk perangkat Anda di bawah saluran rilis yang dipilih. Dapat mencakup juga penurunan versi, jika, misalnya, Anda menggunakan rilis stabil saat ini, tetapi mengubah saluran rilis ke jangka panjang.

Setelah mengklik tombol Tingkatkan di QuickSet atau di menu Paket, jendela peningkatan akan terbuka dengan Changelog saat ini (jika ada versi yang lebih baru) dan tombol untuk mengunduh dan menginstal versi terbaru.

Dengan mengklik "Unduh & Instal", pengunduhan akan dimulai, dan setelah pengunduhan berhasil, ia akan melakukan boot ulang untuk menginstal paket yang diunduh. Bahkan jika paket khusus diinstal, pengunduh akan memperhitungkannya dan mengunduh semua paket yang diperlukan.



Untuk lebih lengkapnya ada disini https://help.mikrotik.com/docs/display/ROS/Upgrading+and+installation