# Virtual Machine, Fungsi dan Contohnya!


Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju, ada teknologi virtualisasi yang disebut dengan virtual machine. Untuk kamu yang terjun di dunia IT pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.


#PENGERTIAN VIRTUAL MACHINE


VM atau Virtual machine adalah perangkat lunak yang mampu menjalankan sistem operasi dan aplikasi seperti halnya di sebuah komputer fisik. Artinya, saat menggunakan virtual machine maka satu komputer fisik dapat menjalankan beberapa sistem operasi dan aplikasi secara bersamaan.

Virtual machine adalah solusi bagi pengguna agar dapat melakukan pengujian perangkat lunak baru atau mempertahankan sistem operasi yang berbeda pada satu komputer fisik yang sama tanpa mempengaruhi kinerja sistem operasi utama.

Tak hanya berhenti sampai situ, virtual machine umum digunakan untuk berbagai aktivitas seperti pencadangan data, pengembangan perangkat lunak, bahkan simulasi jaringan.

Penggunaan virtual machine juga dapat digunakan untuk perusahaan atau bisnis yang ingin menghemat biaya dan sumber daya, karena beberapa sistem operasi dapat dijalankan pada satu komputer fisik.


#FUNGSI VIRTUAL MACHINE

  1. Pengujian dan pengembangan perangkat lunak
  2. Konsolidasi Server
  3. Simulasi jaringan
  4. Pemulihan dan Restorasi
  5. Dan lain-lain


#MACAM-MACAM VIRTUAL MACHINE

Desktop virtual machine

Jenis VM yang pertama ini dirancang untuk menjalankan sistem operasi lengkap seperti Windows, Mac OS, atau Linux di dalam sistem operasi lain. Desktop VMs sangat berguna dalam pengembangan perangkat lunak, pengujian aplikasi, dan virtualisasi lingkungan kerja.

Server virtual machine

Server virtual machine digunakan untuk menjalankan aplikasi dan layanan di lingkungan server. Virtualisasi memungkinkan beberapa server virtual yang berjalan di atas satu perangkat keras fisik. Dengan menggunakan VM, administrator sistem dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Network virtual machine

Jenis network virtual machine dirancang untuk menyediakan lingkungan jaringan virtual, sehingga sering digunakan dalam pengujian keamanan jaringan dan pengembangan jaringan sebelum diterapkan pada sistem jaringan yang asli.


#CONTOH VIRTUAL MACHINE

  1. VMWARE
  2. VirtualBox
  3. Qemu
  4. Microsoft Hyper-V
  5. Dan lain-lain